Persiapan Lahan Budidaya Ikan Bandeng

pasaRpetani.com – Rata-rata bandeng dipanen dengan ukuran 5 ekor/2 kg atau 3 ekor/kg. Sedangkan bandeng besar dengan ukuran diatas satu kilogram biasanya untuk pasar atau moment khusus seperti saat perayaan imlek. Harga bandeng dipasaran sekitar Rp. 13.000-15.000 per kilogram.

Hal utama yang perlu diperhatikan dalam budidaya bandeng adalah persiapan lahan. Sebelum benih ditebar, sebaiknya kolam perlu dikondisikan dengan menumbuhkan pakan alami. Upaya untuk menumbuhkan pakan alami ini bisa melalui pemupukan dosis 150 kg pupuk / ha.

Dari segi fisik kolam, tanggul kolam harus kuat untuk menahan air, karena ketersediaan air kolam sangat penting bagi pertumbuhan ikan. Kekurangan air mempengaruhi kadar oksigen kolam dan mempengaruhi tingkat stress ikan bahkan kematian.

Ikan bandeng merupakan ikan air payau yang hidup diantara air laut dan air tawar. Letak kolam atau tambak biasanya berada tak jauh dari air laut. Sehingga jika air kolam menyusut atau ketika tidak ada air pasang, petambak bisa menyedot air laut langsung dengan menggunakan pompa air.

Baca terkait : Budidaya Ikan Bandeng

Tinggalkan balasan

Masukan komentar
Masukan nama disini