Budidaya Ikan Bandeng

pasaRpetani.com – Membutuhkan kesabaran dan keuletan dalam menekuni usaha perikanan payau ini. Jangka waktu budidaya bandeng cukup lama, sekitar 5-6 bulan.

Untuk satu hektar tambak membutuhkan 6000 ekor benih. Benih yang digunakan bisa berukuran sekitar 1 cm (nener) atau benih berukuran 5-7cm (gelondong).

Pakan yang dibutuhkan dalam satu hektar bisa mencapai 3.5 ton pellet/siklus. Dengan pemberiaan pellet bisa memacu pertumbuhan hingga 5-6 ekor/2kg. Pemberian pakan bisa menggunakan perahu jika tambak berukuran luas dan sulit dijangkau.

Untuk menyiasati waktu panen yang lama. Ada petambak menggunakan sistem tandon. Namun demikian, sistem ini hanya bisa dilakukan oleh petambak yang mempunyai lebih dari satu kolam.

Satu kolam dibuat sebagai tandon, yang berfungsi untuk membesarkan benih awal, yaitu nener menjadi gelondong. Nener selama di kolam tandon tidak diberi pakan, karena sudah mendapat pakan alami di kolam. Kemudian dari ukuran gelondong ini dipindah ke kolam pembesaran selama 3-4 bulan/siklus. Dengan sistem ini, budidaya bandeng bisa tiga kali panen dalam satu tahun dan satu hektar biasanya mempu menghasilkan 2.5 ton bandeng.

Baca terkait : Persiapan Lahan Budidaya Ikan Bandeng

Tinggalkan balasan

Masukan komentar
Masukan nama disini