Trend Jagung Merah atau Jagung Ungu di Kota Besar

0
81

pasaRpetani.com – Jagung mempunyai banyak jenis dan corak yang berbeda. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari bentuk, kandungan hingga warna. Jika kita perhatikan di pasar, umumnya jagung yang dijual adalah jagung manis yang berwarna kuning, atau terkadang adalah jagung pipil yang dipanen muda dan dijual untuk sayur.

Saat ini jagung yang ditawarkan di pasar tidak hanya yang berwarna kuning, namun juga warna lainnya. Seperti warna merah atau ungu. Meskipun belum beredar luas, namun jagung merah atau ungu ini sudah bisa dicari di supermarket di kota-kota besar seperti Surabaya dan Jakarta.

Di media sosial atau di marketplace online, jagung exsotic ini juga bisa dinikmati dengan harga yang relatif tinggi. Yaitu berkisar Rp. 20.000 -Rp. 60.000 / kg. Dalam satu kilogram bisa berisi tiga hingga empat tongkol sesuai dengan ukuran.

Jenis jagung merah atau ungu yang ada dipasaran saat ini bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu :

1. Jagung Manis Merah / Ungu

Jenis jagung ini hampir sama seperti jagung manis kuning pada umumnya, mempunyai rasa manis dan tekstur lembut, namun bedanya jagung manis ini mempunyai kandungan pigmen merah alami yang disebut anthosianin. Pigmen tersebut sangat baik bagi tubuh karena mengandung antioksidan yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Jenis jagung manis merah yang banyak beredar dipasaran adalah jenis jagung manis merah MIRA dari Benih Pertiwi. Jenis ini dijual bervariasi dikemas dengan berat 500gr – 1kg/pack

2. Jagung Ketan Merah / Ungu

Jenis jagung ini secara tekstur sangat berbeda dengan tekstur jagung manis. Jagung ketan merah mempunyai tekstur seperti ketan pada umumnya, pulen, kenyal dan sedikit lengket. Sifat ketan ini bisa membuat kenyang dan sangat cocok untuk menu diet, karena sama seperti jagung manis merah, jagung ketan merah juga mempunyai kandungan anthosianin yang tinggi dan bersifat low carbo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here