Usaha Pembenihan Nener, Bibit Ikan Bandeng

Nener Ikan Bandeng

pasaRpetani.com – Beberapa hal yang perlu diperhatikann dalampembenihan ikan bandeng adalah mempersiapkan indukan bermutu, yaitu indukan cukup umur untuk bertelur, sekitar umur empat tahun, berukuran panjang sekitar 55 cm dari ujung kepala hingga pangkal ekor.

Kolam pemijahan yang diperlukan berupa kolam berukuran 10 x 10 m dengan kedalaman 2 m. Dalam satu petak kolam diisi indukan dengan perbandingan satu jantan dan dua betina.

Indukan akan memijah sekitar waktu dini hari setiap hari, dan setiap pagi telur yang sudah dibuahi akan terapung dan dipindahkkan ke aquarium. Telur yang lulus seleksi bisa ditebar di kolam pembenihann pada siang harinya.

Kolam pembenihan berukuran 2 x 3 m dengan kedalaman satu meter dengan kapasitas 75.000 benih.Persentase keberhasilan penetasan telur sekitar 75%, artinya dari 1000 telur yang jadi tinggal 750 benih.

Pakan nener adalah rotifera atau zooplankton. Rotifera sendiri berkembang biak dengan pakan plankton. Sehingga untuk perlu juga mempersiapkan kolam planton sebagai pakan rotifera. Satu kolam pembenihan perlu didampingi satu kolam rotifera dan tiga kolam plankton.

Umur panen nener cukup 15 hari, yaitu dengan ukuran panjang 2-3 cm. Harga nener sekitar Rp. 9/ekor.

Tinggalkan balasan

Masukan komentar
Masukan nama disini