Tanam Jagung Manis, Kulakan atau Jual Jagung Bakar ? (1)

Menjadi Petani Jagung Manis

pape36pasaRpetani.com – Setiap tahun baru, permintaan jagung manis cenderung meningkat. Hal ini karena pada saat tahun baru, banyak orang merayakan di luar rumah menunggu detik pergantian tahun sembari menikmati jagung bakar. Momen ini merupakan peluang bagi petani maupun pedagang untuk bisa meraup untung. Karena harga jual jagung manis pada saat tahun baru cenderung lebih tinggi dibanding harga biasanya.

Namun demikian bagi petani seharusnya juga jeli terhadap perkembangan di lapangan. Jikalau sudah banyak petani yang menanam jagung manis pada saat bersamaan, maka tak perlu latah ikut-ikutan menanam jagung manis juga. Karena harga pada saat panen raya biasanya akan anjlok. Kecuali jika sudah ada kontrak dengan pedagang yang menjamin untuk pembelian hasil panen.

Jika mengacu pada umur jagung manis yang sudah ada dipasaran, rata-rata mempunyai waktu panen singkat yaitu sekitar 70 Hari Setelah Tanam, maka bisa dihitung mundur 70 hari dari tanggal 1 Januari hingga waktu yang tepat untuk menanam jagung manis adalah minggu ke tiga atau emapt dibulan Oktober tahun sebelumnya.

Tinggalkan balasan

Masukan komentar
Masukan nama disini