Sistem Distribusi yang Efisien

Jatuh pada lubang yang sama. Dua truk sejoli terperangkap jalan rusak.

pasaRpetani.com – Kelangkaan barang di pasar, tidak hanya disebabkan karena kurangnya produksi. Faktor lain yang bisa membuat barang tidak tersedia di pasar adalah kurang lancarnya proses distribusi dari produsen ke konsumen.

Sehingga dampak dari kelangkaan barang dipasar tersebut menyebabkan harga meningkat dan pemicu inflasi.

Salah satu indikasi adalah tingginya disparitas dan fluktuasi harga antar wilayah dan antar musim. Penyebabnya banyak hal, bisa jadi karena kondisi geografis yang sulit dijangkau, sarana prasana yang kurang memadai, perubahan musim, pembagian margin harga yang tidak merata, pungutan liar atau monopoli salah satu pihak, kurangnya koordinasi antar pihak terkait.

Agar menjadi sebuah sistem distribusi efisien setidaknya memerlukan dua komponen berikut :

  1. Distribusi tersebut dapat mengirimkan produk dari produsen ke konsumen dengan biaya terendah.
  2. Distribusi bisa membagi biaya secara rata kepada seluruh pihak terkait darikegiatan produksi hingga produk diterima konsumen.

Distribusi ini penting agar barang bisa sampai dari produsen hingga tersedia di konsumen dengan mutu, jumlah dan waktu yang tepat. Dengan demikian untuk membentuk distribusi yang efisien perlu sebuah manajemen yang terintegrasi dengan semua pihak. Distribusi efisien sulit diterapkan jika belum memiliki data dan sistem informasi yang baik.

 

Tinggalkan balasan

Masukan komentar
Masukan nama disini