Peluang Budidaya Bunga Krisan Si Bunga Emas

pasaRpetani.com – Bunga emas, begitulah arti bunga krisan dari bahasa Yunani. Dari satu meter persegi saja dapat diproduksi 100 tangkai krisan dengan harga sekitar Rp. 1000/tangkai dan biaya produksi hanya Rp. 250 – 650 per tangkai dan tempo tiga bulan.

Rp. 100.000 dalam tempo sebulan dari satu meter persegi lahan krisan bisa dikatakan wow. Nilai ini bisa dikatakan tinggi jika dibandingkan nilai produk eksklusive lainnya, misal seperti nilai cabai. Dalam satu meter persegi lahan cabai hanya bisa ditanam 2 tanaman saja. Dengan produktivitas 1 kg cabai per tanaman, maka setidaknya dalam satu meter persegi dihasilkan 2 kg. Dengan harga normal Rp. 25.000 per kg, maka akan dihasilkan Rp. 50.000/m2 dengan biaya produksi Rp. 10.000/m2. Mana lebih profitable?

Beberapa sentara produksi bunga krisan di Indonesia adalah sebagai berikut :

Jawa Barat meliputi, Cianjur, Bogor, Sukabumi, Bandung dan Bandung Barat. Jawa Timur meliputi Kota Batu, Kab. Malang dan Pasuruan. Jawa Tengah meliputi Wonosobo dan Kab. Semarang. Yogyakarta di Sleman dan Kulon Progo.

Diluar Jawa pun pengembangan krisan juga bisa ditemui di Sulawesi Utara yaitu di Tomohon, Sumatera Utara di Karo, Sumatera Selatan di Pagar Alam, Sumatera Barat di Solok dan Padang Panjang, Lampung di Lampung Barat, Bali di Tabanan dan Buleleng, Sulawesi Selatan di Bantaeng dan Gowa.

Tinggalkan balasan

Masukan komentar
Masukan nama disini