Peluang Beternak Bebek Peking dan Tiktok (Itik Mentok) untuk Pedaging

pasaRpetani.com – Usaha kuliner bebek mulai bergairah sejak beberapa tahun terakhir. Warung pecel lele yang biasanya hanya menyajikan menu ayam dan lele, kini mulai rajin menyajikan menu tambahan bebek.

Tak heran jika kebutuhan daging bebek meningkat dan para peternak pun bergairah kembali. Seiring permintaan daging bebek yang meningkat, konsumen juga menuntut akan mutu daging yang prima. Sebelumnya, konsumen hanya mengenal daging bebek yang alot dan keras sehingga sulit untuk dikonsumsi.

Namun kemudian pencinta bebek mulai mengakali kelemahan daging bebek tersebut dengan berbagai cara, baik melalui teknik memasak hingga perbaikan dalam menghasilkan daging bebek segar yang sesuai selera pasar. Salah satunya adalah perbaikan gen bebek dengan melakukan kawin silang antar bebek beda jenis maupun mendatangkan jenis bebek super dari luar negeri, seperti :

Bebek Tiktok

Bebek tiktok (itik dan mentok) merupakan bebek persilangan atau hibrida antara itik (bebek) betina dengan mentok jantan.

Sama halnya dengan hibrida pada tanaman, hibrida pada ternak pun sama-sama memadukan kelebihan antar jenis bebek yang berbeda sifat.

Jika bebek atau itik mempunyai ukuran badan tinggi namun kurus, sedangkan mentok mempunyai badan pendek namun gemuk, maka yang diharapkan dari keturunan keduanya adalah bebek dengan badan tinggi dan gemuk. Alhasil ditemukanlah bebek tiktok atau itik mentok.

Perkawinan indukan tiktok hanya bisa dilakukan melaui perkawinan buatan. Hal ini dikarenakan berat mentok jantan bisa mencapai 5 kg, sedangkan berat itik betina hanya 1.5 kg. Perkawinan alami tidak mungkin terjadi melihat ukuran mentok jantan jauh lebih besar dibandingkan itik betina.

Dari hasil persilangan tersebut akan dihasilkan peranakan atau tiktok yang bisa mencapai berat 3 kilogram/ekor. Struktur daging tiktok juga lebih baik dari kedua indukannya. Dagingnya lebih tebal namun strukturnya lebih lembut dibandingkan daging mentok.

Bebek Peking

Berbeda dengan tiktok yang berasal dari hasil persilangan. Bebek peking merupakan jenis bebek yang berasal dari daratan China, Peking sehingga di Indonesia disebut sebagai bebek Peking.Bebek peking sengaja didatangkan dari luar negeri untuk memenuhi kebutuhan daging bebek yang prima.

Bebek satu ini mempunyai ciri badan besar dengan berbulu putih bersih. Dagingnya tebal dan empuk, sehingga tak heran jika harga jual bebek peking terkenal sangat mahal dibandingkan bebek lokal lainnya.

Tinggalkan balasan

Masukan komentar
Masukan nama disini