Membuat Pupuk Kompos Bokashi

kompos1. Mengenal EM4

EM4 atau Effective microorganisms 4 merupakan larutan mikroba organisme fermentasi. EM4 ditemukan oleh Prof. Teruo Higa dari Universitas Ryukyus, Jepang.

Jumlah mikroba dalam EM4 sekitar 80 genus. Mikroba ini berfungksi untuk memfermentasikan bahan organik. Beberapa diantarnya adalah bakteri fotosintetik Lactobacillus sp, Streptomyces sp, ragi (yeast), Actinomycetes.

2. Tempat

Tempat bisa dimana saja asalkan tidak terkena matahari dan hujan secara langsung. Usahakan tempat beratap dan beralas semen atau ubin. Jika diatas tanah, sebaiknya diberi alas plastik.

3. Bahan

a. Bokashi jerami : jerami (200kg), dedak (10kg), sekam (200kg), gula pasir (10sdm), EM4 (200ml), air secukupnya.

b. Bokashi pupuk kandang : Pupuk kandang (300kg), dedak (10kg), sekam (200kg), gula pasir (10sdm), EM4 (200ml), air secukupnya.

4. Cara Pembuatan

a. Campurkan larutan EM4, gula dan air secara merata

b. Bokasi jerami dan pupuk kandang : potongan jerami atau pupuk kandang dicampur dengan sekam dan dedak.

c. Bahan kemudian dicampur merata secara perlahan-lahan hingga kandungan air sekitar 30-40%. Tandanya adalah air tidak menetes ketika bahan digenggam dengan tangan dan bahan akan mekar ketika genggaman dilepaskan.

d. Bahan yang telah dicampur tersebut diletakkuan di atas alas atau dimasukkan ke dalam wadah tertutup. Bahan yang diletakkan diatas alas hendaknya tidak terlalu tinggi, bisa sekitar 20-30 cm atau maksimal 1.5 meter. Setelah itu bahan ditutup dengan terpal atau plastik.

e. Pertahankan suhu antara 40-5C dengan cara cek suhu secara teratur setiap 6 jam sekali minimal sehari sekali. Ketika suhu meninggi, untuk menurunkan suhu bisa dengan diaduk dan dibalik. Kemudia bahan ditutup kembali seperti awal.

f. Proses ini berlangsung selama 6-7 hari. Ciri bokashi yang sudah jadi adalah warna hitam, tidak berbau dan yang jelas sudah tidak panas.

g. Bokasih siap untuk di jadikan pupuk.

 

Tinggalkan balasan

Masukan komentar
Masukan nama disini