Membuat Ayam Kampung Rajin Bertelur

Ayam kampung sedang mengerami telur

pasaRpetani.com – Bertelur merupakan proses alami yang dialami ayam betina dewasa. Kawin atau tidak kawin, ayam betina akan bertelur setiap periode.

Untuk menghasilkan telur yang bisa menetas, ayam betina perlu dikawinkan dengan ayam jantan sehingga terjadi pembuahan, yaitu induk telur ayam betina dibuahi oleh ayam jantan.

Sedangkan telur ayam betina yang tidak dikawinkan dengan ayam jantan, tidak akan terjadi pembuahan, tidak akan bisa menetas dan hanya bisa digunakan sebagai telur konsumsi. Hal ini bisa dilihat pada peternakan ayam ras petelur yang dikandangkan dengan sistem baterai. Dimana ayam betina petelur tidak dicampur dengan ayam jantan, namun demikian induk betina tetap rajin bertelur. Telur dari produksi ayam ras ini hanya bisa digunakan untuk konsumsi dan tidak bisa ditetaskan.

Salah satu cara untuk merangsang produksi telur ayam kampung adalah dengan mengatur proporsi ayam jantan dan betina dalam satu kandang. Proporsi ideal agar ayam jantan dan betina berinteraksi optimal adalah satu jantan dan maksimal lima betina.

Selain itu, hal terpenting untuk membuat ayam produktif bertelur adalah dengan memberikan pakan bernutrisi tinggi. Terutama pakan yang mempunyai kandungan protein tinggi, seperti makanan alaminya yaitu cacing tanah. Para peternak bisa membuat pelet khusus dengan mencampur jagung dan tepung cacing.

Tinggalkan balasan

Masukan komentar
Masukan nama disini