Media dan Pakan untuk Budidaya Cacing Tanah

pasaRpetani.com – Secara alami cacing tanah bertugas untuk menguraikan bahan organik sekaligus menggemburkan tanah. Berdasarkan tugasnya tersebut, cacing tanah sangat tergantung bahan organik sebagai media tumbuh sekaligus makanan utamanya.

Pada dasarnya semua bahan organik dapat digunakan sebagai pakan cacing tanah. Namun ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang media dan pakan cacing tanah, sebagai berikut :

Cacing tanah tidak menyukai media tengik yang biasanya berasal dari nitrogen hasil fermentasi yang belum sempurna. Selain tengik, media akan panas yang mengakibatkan cacing tidak betah di dalam media. Media tengik biasanya akan berkembang menjadi tempat perkembangan jamur. Jika jamur sudah berkembang, alamat cacing enggan tumbuh di media tersebut.

Cara menguji kesiapan media dengan cacing, bisa dengan cara memasukkan 5-10 cacing ke dalam media. Jika media sesuai, cacing akan tetap tinggal di dalam media. Sedangkan jika tidak, cacing akan keluar.

Menyiapkan media cacing cukup mudah, bisa memanfaatkan limbah sekitar. Misalnya Peternak di Jepara menggunakan limbah aren (onggok) yang banyak disekitar lingkungannya.Onggok kering yang dijemur setengah hari kemudian difermentasi menggunakan EM4 10 ml untuk 50 kg onggok.

Ukuran media penampungan yang bisa digunakan untuk 1000 cacing atau satu kilogram cacing adalah empat kilogram media dalam wadah 40cm x 40cm. Semakin luas semakin bagus, agar cacing dapat mudah bergerak dan tumbuh.

Untuk pakan cacing juga bisa menggunakan ampas tahu yang diberikan 50% dari biomassa. Pakan diberikan sekitar dua hari sekali atau ketika pakan sudah menipis. Sebelum pemberian pakan baru, pakan lama dan media dicampur agar gembur.

Dalam sebulan dibutuhkan sekitar 10 kg ampas tahu untuk satu kilogram cacing. Hasil media dan sisa pakan ini bisa dijual juga sebagai pupuk yang biasa disebut cascing (bekas cacing). Dalam satu bulan bekas media akan bertambah banyak seiring penambahan pakan secara berkala.

Baca terkait : Budidaya Cacing Tanah, Harta Terpendam Tak Tergali

Sedangkan beberapa media lainnya yang umum digunakan dalam budidaya cacing tanah adalah sebagai berikut :

  1. Pupuk kandang yang sudah matang
  2. Kompos dari pelapukan daun
  3. Limbah rumah tangga organik yang sudah difermentasi.

Tinggalkan balasan

Masukan komentar
Masukan nama disini