MEA Masyarakat Ekonomi Asean

meapasaRpetani.com – MEA merupakan singkatan dari Masyarakat Ekonomi Asean. Inisiasi MEA terbentuk dari kesepakatan pemimpin negara ASEAN pada Declaration of ASEAN Concord II, 7 Oktober 2003.

Para pemimpian ASEAN sepakat untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan membuat pasar tunggal ASEAN, berdaya saing tinggi, stabil, makmur dan terintegarasi dengan ekonomi global. Kesepakatan tersebut sebagai kelanjutan dari KTT ASEAN di Kuala Lumpur, Desember 1997.

MEA membuat aliran barang, tenaga kerja, jasa, investasi dan modal lebih bebas, dengan komponen pentingnya dibidang pangan, pertanian serta kehutanan. Pasar tunggal ASEAN ini diharapkan dapat menyaingi China dan India yang mempunyai kekuatan ekonomi besar di Asia.

Jika dilihat dari potensi, Indonesia mempunyai jumlah penduduk terbesar diantara negara ASEAN lainnya. Jumlah penduduk negara Asean 600 juta jiwa, sedangkan Indonesia mencapai 250 juta jiwa.

Jumlah penduduk besar merupakan pasar utama bagi produk dan jasa dari negara asing. Banyak negara besar berlomba-lomba masuk ke Indonesia hanya untuk meraup keuntungan yang akan dibawa ke negaranya kembali.

Tahun 2016 sebagai tahun dimulainya MEA sudah berjalan. Siapkah Indonesia mengahadapi serbuan dari negara ASEAN lainnya?

Tinggalkan balasan

Masukan komentar
Masukan nama disini