Beternak Kambing untuk Idul Adha

Kambing Siap Kurban

pasaRpetani.com – Satu hal menarik di Indonesia sebagai negara yang mayoritas penduduknya muslim ini adalah momentum Idul Adha atau hari raya kurban.

Inilah hari raya dimana para peternak dan pedagang kambing memanen hasil ternak selama setahun. Meski hanya sekali panen dalam setahun, namun harga yang ditawarkan bisa berlipat dibandingkan hari biasa. Hal inilah yang membuat peternak dan pedagang kambing setia berbisnis kambing setiap tahunnya.

Saat menjelang Idul Adha, untuk kambing kelas A dengan bobot 40kg, dibandrol harga kisaran Rp. 3.5 -4.5 juta, kelas B dengan bobot 25-35 kg dibandrol harga Rp. 2.5 -3 juta, sedangkan kelas C dengan bobot 20-25kg dibandrol harga 2-2.5 juta.

Untuk di pulau Jawa, banyak kambing berasal dari Jawa Timur dan Jawa Tengah dengan jenis kambing Jawa Randu dan Kacang. Sedangkan Jawa Barat lebih banyak mensuplai domba.

Bagi peternak kambing yang ingin memasarkan secara online juga sudah bisa mengakses market place atau pasar online yang ada. Seperti bukalapak.com dan link sejenis. Dengan penjualan secara online, tidak hanya memudahkan proses transaksi, namun juga bisa meningkatkan pendapatan peternak karena bisa menjual langsung ke konsumen.

Tinggalkan balasan

Masukan komentar
Masukan nama disini