Melihat Keunikan Kawasan Wisata Hutan Mangrove Wonorejo, Surabaya

Jogging Track menembus hutan bakau

pasaRpetani.com – Hutan mangrove atau hutan bakau dikenal sebagai hutan pinggir pantai yang berfungsi sebagai habitat alami berbagai jenis ikan, burung, kepiting, udang, penahan abrasi air laut sekaligus sebagai penghasil oksigen layaknya hutan umumnya.

Namun ada yang berbeda ketika berkunjung ke hutan magrove Wonorejo, Surabaya ini. Hutan bakau yang mempunyai kesan menyeramkan, gelap dan lembab, disulap menjadi tempat wisata menyenangkan, sehat dan ramah lingkungan.

Lokasi

Letaknya tidak jauh dari pusat kota Surabaya, tepatnya di Wonorejo Timur, Wonorejo, Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur. Untuk mencapai lokasi, pengunjung bisa naik kendaraan motor, mobil ataupun ojek. Jalan menuju kawasan wisata cukup baik, namun lebar jalan menyempit ketika mendekati kawasan yang melewati jalan kampung. Sehingga perjalanan sedikit terhambat ketika mobil berpapasan dengan arah berlawanan.

Fasilitas

Sampai ditempat wisata, kita akan ditawari fasilitas wisata jogging track dan susur hutan bakau menggunakan perahu yang berujung dipondok peristrihatan tepi pantai.

Untuk jogging track ini, pengunjung cukup membayar Rp. 5000 per orang. Jogging track merupakan jembatan kayu memanjang yang menyusuri hutan bakau. Dengan berjalan diatas jogging track, pengunjung tidak perlu kwatir kesandung akar bakau atau lainnya. Track yang dipasang diantara pohon bakau membuat suasana teduh dan tidak panas. Pemandangan kanan kiri merupakan tanaman bakau dengan beraneka bentuk akar nafas yang menyembul dari permukaan tanah.

Berbeda dengan jogging track, fasilitas perahu mesin disiapkan untuk susur sungai mencapai pondok tepi pantai. Fasilitas ini buka mulai jam 10 pagi hingga jam 4 sore. Perjalanan mencapai pondok sekitar 10 menit, dengan tarif Rp. 25.000/orang.

Pemandangan selama susur sungai berupa hutan bakau yang hijau asri. Setiba dilokasi pondok, kita juga melewati jalan seperti jogging track. Namun bedanya, bahan jembatannya bukan kayu seperti jogging track. Jalanan dikawasan pondok berupa rajutan bambu yang ditata sedemikian rupa sehingga menjadi jalan jembatan yang cukup nyaman.

Dikawasan pondok ini, setidaknya ada lima pondok yang bebas untuk disinggahi. Pengunjung bisa bebas beristirahat selama mungkin hingga waktu yang ditetapkan yaitu jam 4 sore, atau pengunjung akan ditinggal perahu.

Pondok yang dibangun diatas laut tepi pantai ini menarik. Ukurannya cukup luas, sekitar 20 x 20 meter, sangat cocok untuk acara keluarga atau komunitas. Angin sepoi-sepoi yang hangat seakan mengajak untuk tidur. Jadi tips jika berkunjung ke kawasan pondok ini bisa membawa perlengkapan bantal dan wajib membawa bekal makanan atau minuman. Karena ditempat ini tidak ada penjualan makanan dan minuman, padahal tempatnya sangat cocok untuk menambah nafsu makan. Rujak mungkin pilihan yang tepat untuk menikmati bersantai bersama di pondok wisata Wonorejo.

 

Tinggalkan balasan

Masukan komentar
Masukan nama disini