Distribusi Beras, Keuntungan Petani 60 Triliun, Pedagang 126 Triliun

pasaRpetani.com – Kapolri Tito Karnavian menjelaskan tentang ketimpangan keuntungan antara pedagang dan petani dalam distribusi beras.

Selama ini keuntungan petani hanya Rp. 60 triliun dari 56 juta petani, sedangkan pedagang mendapat keuntungan Rp. 126 triliun hanya dari 400 ribu orang.

Kapolri akan terus mengejar mafia beras yang seringkali mempermainkan harga. Hal ini mengingat beras merupakan komoditi strategis dengan perputaran uang terbesar.

Uang yang beredar untuk beras terbesar dibanding bahan lainnya, hampir Rp. 487 triliun. Kemudian diposisi kedua adalah minyak goreng dan jagung. Oleh sebab itu tim satgas pangan akan fokus pada pengamanan distribusi beras.

Hal ini disampaikan Kapolri saat kunjungan Menteri Amran Sulaiman di Mabes Polri, Jakarta Selatan (5/7) dalam rangka pemberian penghargaan kepada satgas pangan yang dinilai berhasil dalam mengamankan kestabilan harga pangan selama bulan Ramadhan.

Tito juga menyampaikan bahwa satgas pangan akan tetap disiagakan meskipun lebaran sudah usai. Pada prinsipnya Polri akan terus mendukung penuh semua kebijakan dan komando dari Mentan terkait masalah pangan.

Tinggalkan balasan

Masukan komentar
Masukan nama disini