Ironi, Garam Langka Di Pasaran

pasaRpetani.com – Sejak ramadhan garam di pasaran Jawa Timur mulai langka. Jika ada pun harganya mahal. Tak hanya di Jatim, kelangkaan juga dirasakan di Jawa Barat.

Salah satu distributor yang biasanya mengirim satu truk muatan 7 ton ke daerah Jawa Timur, namun saat langka seperti ini hanya bisa memasok 1 ton perhari.

Menurut distributor, kelangkaan ini disebabkan karena cuaca yang tidak menentu dan kebutuhan pasar sangat tinggi. Sehingga stok garam di petani langsung ludes dan stok gudang terbatas.

Kelangkaan ini berimbas pada meningkatnya harga garam ditingkat eceran, kenaikan harga bisa mencapai 50%, biasanya Rp. 4.000 meningkat menjadi Rp. 6.000 per kemasan. Sedangkan ditingkat petani mendapat berkahnya, karena harga garam dari ladang meningkat dari yang biasanya Rp. 2500/kg meningkat menjadi Rp. 4000-6000/kg.

Saat kondisi normal, potensi produksi satu hektar ladang garam bisa mencapai 30 ton. Sedangkan produksi saat ini hanya setengahnya atau sekitar 15 ton/ha. Bisa dihitung penghasilan yang didapat petani garam saat ini ya lur…

Tinggalkan balasan

Masukan komentar
Masukan nama disini