Hore, Ijin Improoot Garam Keluar

pasaRpetani.com – Ironi sebuah negara dengan potensi produksi garam yang sangat besar harus menghadapi kenyataan kelangkaan garam dan mengulang setiap tahunnya untuk mengimpor garam. Ending cerita sudah bisa ditebak.

Akhirnya ijin impor garam keluar. Kementerian Perdagangan (Kemendag) memberikan ijin impor kepada PT. Garam sebagai satu-satu BUMN untuk mengimpor garam.

Usai menghadiri Rapat Koodinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2017, di Grand Sahid Jaya Hotel, Kamis (27/7), Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menegaskan. Bahwa ijin impor garam industri sudah jalan. Kuota impornya pun tidak dibatasi.

Menurutnya, impor dilakukan karena kebutuhan garam nasional yang besar saat ini. Namun Enggar tidak mengetahui pasti jumlah kebutuhannya. Karena Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang lebih mengetahui kapasitas produksi garam nasional.

Sebelumnya, dikesempatan terpisah Menteri KKP Susi Pudjiastuti mengiyakan rekomendasi importasi garam kepada PT. Garam. Hal ini dikarena kelangkaan garam akibat anomali iklim sehingga harga garam melonjak.

Menurutnya yang penting impor garam tidak dilakukan pada saat musim panen, dan impor garam konsumsi tidak bocor untuk garam industri. Selain itu, harmony sistem (HS) antara garam industri dan garam konsumsi juga perlu dilakukan, agar tidak ada lagi direktur PT. Garam yang dibui karena impor garam.

Tinggalkan balasan

Masukan komentar
Masukan nama disini