Dengan Teknologi Seharusnya Bisa Lebih Murah

pape30pasaRpetani.com – Orang pintar adalah orang yang bisa menyederhanakan masalah rumit menjadi sederhana dan mudah dipahami. Bukan membuat orang bingung dengan istilah ilmiah yang tidak dimengerti orang awam.

Hingga saat ini, banyak orang menganggap komputer adalah barang mewah dan sulit digunakan. Padahal komputer sangat membantu pekerjaan sulit yang membutuhkan waktu lama menjadi lebih singkat dan detail.

Lihat saja handphone android, mempunyai otak komputer yang didesain minimalis untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti komunikasi, internet, administrasi hingga hiburan.

Komputer adalah salah satu produk teknologi, maka seharusnya teknologi dapat memotong biaya, tenaga dan waktu lebih banyak daripada tanpa teknologi.

Contoh kongkrit lainnya, jika kita mengangkut hasil panen jagung menggunakan truk dengan kapasistas 7 ton sekali muat dibandingkan menggunakan tenaga angkut manusia yang hanya mampu mengangkut 40kg sekali jalan dan tidak bisa berkilo-kilometer.

Berapa orang dibutuhkan untuk mengangkut 7 ton jagung? Bisa puluhan orang. Jadi kira-kira berapa biayanya? Akan sangat besar karena harus membayar upah tiap orang dan kebutuhan selama diperjalanan yang membutuhkan waktu lama.

Mana yang lebih efisien? Menggunakan truk atau tenanga manusia? Tentu menggunakan truk akan lebih efisien karena bisa memuat lebih banyak dan menempuh jarak lebih jauh dibandingkan tenaga manusia, sehingga membuat pekerjaan lebih cepat dan murah.

Truk merupakan produk teknologi dan itulah fungsi teknologi. Membuat hal rumit menjadi lebih sederhana, dari berat menjadi ringan, dari yang tidak mungkin menjadi mungkin, membuat mahal menjadi lebih ekonomis dan lebih menguntungkan.

Industri yang menggunakan teknologi serba mesin memungkinkan untuk mengurangi jumlah tenaga kerja manusia dalam jumlah besar. Oleh sebab itu, kuasai teknologi, jangan sampai diperbudak oleh teknologi.

Gunakan teknologi secara bijak, tidak merusak dan seharusnya bisa mensejahterakan manusia.

Tinggalkan balasan

Masukan komentar
Masukan nama disini