Cara Ampuh Mengurangi Serangan Antraknose pada Cabai

pasaRpetani.com – Antraknose atau patek atau busuk buah merupakan penyakit pada cabai yang disebabkan oleh jamur atau cendawan. Hal ini dipicu oleh kelembaban tinggi disekitar tanaman, sehingga cendawan berkembang dengan cepat.

Jarak Tanam

Untuk mengurangi kelembaban tanaman bisa dengan memperlebar jarak tanam antar tanaman. Prinsipnya antar daun antar tanaman tidak sampai bersenggolan. Minimal ada ruang cukup lebar antar bedengan, sehingga sirkulasi udara lebih lancar dan mempermudah dalam penyemprotan fungisida.

Tinggi Bedengan

Bedengan perlu ditinggikan saat musim hujan. Hal ini diperlukan agar air bisa cepat mengalir keluar dan tidak menggenang disekitar tanaman. Genangan air bisa meningkatkan kelembaban dan memicu perkembangan cendawan.

Pewiwilan

Tunassebelum cabang Y bisa diwiwil untuk mengurangi kerimbunan tanaman. Daun yang terlalu rimbun dapat memicu kelembaban disekitar tanaman dan akhirnya mengundang cendawan untuk berkembang.

Buah Busuk

Jika buah cabai sudah terlanjur terinfeksi patek, maka buah tersebut perlu dipanen dan dibersihkan agar tidak menular ke buah cabai lainnya. Kemudian setelah bersih, bisa dilakukan penyemprotan menggunakan fungisida sistemik dan kontak.

Penyemprotan kurang efektif jika dilakukan sebelum pembersihan buah busuk, hal ini karena masih ada sisa-sisa cendawan yang bisa berkembang kembali setelah penyemprotan.

Tinggalkan balasan

Masukan komentar
Masukan nama disini